Friday, December 23, 2016

CARA MEMBUAT AUXIN, uji coba berhasil

Tags

CARA MEMBUAT ZPT AUKSIN

Apa itu ZPT?
ZPT adalah singkatan dari  Zat Pengatur Tumbuhan atau dikenal juga dengan hormon tumbuhan yang merupakan bagian dari proses regulasi genetik dan berfungsi sebagai precursor yang aktif dalam jumlah kecil sekitar 10-6-10-5 ? (stokishcs.com).
Dengan adanya hormon ini proses adaptasi dan pertahanan diri tumbuh-tumbuhan akan berlangsung lebih sehat, subur dan kuat dari kondisi biasanya.
ZPT itu sendiri dikategorikan ke dalam 6 kelompok yang terdiri dari auksin, giberelin, sitokinin, asam absisik (ABA), etilen dan retardan. Pada kesempatan ini saya sebagai pemula akan mempraktekkan satu kelompok dari 6 kelompok diatas yaitu Auksin.
Auksin memiliki manfaat diantaranya:
  1. Perkecambahan biji. Auksin akan mematahkan dormansi biji (biji tidak mau berkecambah) dan akan merangsang proses perkecambahan biji. Perendaman biji/benih dengan Auksin juga akan membantu menaikkan kuantitas hasil panen.
  2. Pembentukkan akar. Auksin akan memacu proses terbentuknya akar serta pertumbuhan akar dengan lebih baik.
  3. Pembungaan dan pembuahan. Auksin akan merangsang dan mempertinggi prosentase timbulnya bunga dan buah.
  4. Mendorong Partenokarpi. Partenokarpi adalah suatu kondisi dimana tanaman berbuah tanpa fertilisasi atau penyerbukan sehingga dapat menghasilkan buah tanpa biji.
  5. Mengurangi gugurnya buah sebelum waktunya.
  6. Mematahkan dominansi pucuk / apikal, yaitu suatu kondisi dimana pucuk tanaman atau akar tidak mau berkembang.
Nah, setelah kita tahu manfaatnya, sekarang kita praktekkan cara membuat auksin.
Bahan : 
a.    1 Kg Keong mas / Siput / Bekicot.
b.    5 Liter Air.
c.    1 Kg Gula / Tetes tebu.
d.    1 gelas EM4/MOL. Dapat dibeli ditoko pertanian/obat-obatan seharga 25 ribu rupiah.

Langkah-langkahnya :
1.     Hal pertama yang dilakukan adalah mengumpulkan Keong Emas/Siput. Di Aceh, kami menyebutnya dengan Abo.  Keong Emas atau abo dapat dicari di saluran air pematangan sawah. Sesampai dirumah, sebaiknya kotoran lumpur di cangkang dibersihkan agar nanti ketika direbus airnya tidak penuh dengan kotoran lumpur.

2. Masukkan keong mas ke dalam panci atau tempat memasak apapun itu. Masukkan air secukupnya. Kira-kira sampai keongnya tenggelam. Kemudian hidupkan api dan rebus sampai air mendidih atau sampai kelihatan isi keongnya keluar.

3. Setelah dingin, congkel isinya dengan kayu, obeng, atau apa saja sehingga daging keong terpisah dari cangkangnya. Jangan lupa cangkangnya dibuang. 

4. Siapkan EM4, Gula/tetasan tebu dan air sesuai kebutuhan. Kenapa disini saya menggunakan botol qua? agar memudahkan kita dalam melakukan takaran.

5. Masukkan air tebu/gula ataudan sejenis pemanis lainnya ke dalam sebuah wadah, di kasus ini saya langsung memasukkannya ke dalam kuali.

6. Masukkan cairan EM4 kedalam sebuah gelas.

7. EM4 yang sudah ditakar tadi  (ya lebih kurang satu gelas) dimasukan ke dalam kuali. kemudian aduklah secara perlahan-lahan. Kenapa perlahan-lahan? tentu supaya isi dan cairannya tidak tumpah ke tanah.

8. Langkah selanjutnya, adonan yang sudah diramu dalam kuali dimasukan ke dalam ember. Kemudian tambahkan air kira-kira 4 liter. Ini diasumsikan jika “sup” keong tadi nilai volumenya sudah ada 1 liter. Sehingga totalnya berisi 5 liter air.

9. Tutup rapat dengan plastik. Ikat dengan karet atau tali plastik seperti gambar dibawah ini.

10. Simpan ditempat yang teduh dan biarkan ramuan ini selama 12 sampai 15 hari ke depan. Demikian tutorial cara membuat ZPT auksin.




EmoticonEmoticon